PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRIPLECHEM TERHADAP MODEL MENTAL SISWA TENTANG TITRASI ASAM BASA

Murningsih, Natalina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRIPLECHEM TERHADAP MODEL MENTAL SISWA TENTANG TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031012-COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031012-ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031012-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran TripleChem terhadap model mental siswa tentang titrasi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini terdiri atas dua kelompok, masing-masing 35 siswa untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dua tingkat (two-tier). Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung = 18,077; df = 1; dengan sig = 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak atau terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TripleChem dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yaitu 74,76 lebih tinggi dari nilai rata- rata siswa pada kelompok kontrol yang hanya mendapat nilai rata-rata 65,87. Dengan demikian, penerapan model TripleChem mampu meningkatkan model mental siswa tentang titrasi asam basa. Presentase model mental konseptual pada kelompok eksperimen 63,17%; sedangkan pada kelompok kontrol mencapai 38,73%. Sehubungan dengan temuan tersebut, guru-guru kimia di SMA perlu menerapkan model pembelajaran TripleChem untuk membentuk model mental siswa tentang titrasi asam basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TripleChem, model mental, titrasi asam basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: MADE NATALINA MURNINGSIH
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:17
Last Modified: 23 Oct 2019 08:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item