Pengembangan Konten E-Learning Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Menggunkan Model Waterfall Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dalam Era Revolusi Industri 4.0 di MTs Terpadu Mardlatillah Tahun Pelajaran 2019/2020

Arifuddin, David (2021) Pengembangan Konten E-Learning Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Menggunkan Model Waterfall Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dalam Era Revolusi Industri 4.0 di MTs Terpadu Mardlatillah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511021007-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511021007-ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511021007-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan desain Pengembangan Konten E-learning, (2) menguji validitas hasil Pengembangan Konten E-learning, (3) mengetahui efektifitas penggunaan produk Konten E-learning terhadap hasil belajar seni budaya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan Model pengembangan yang digunakan adalah model Waterfall. Metode pengumpulan data, yaitu pencatatan dokumen, kuisoner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu (1) Pengembangan konten E-learning berorientasi pendidikan karakter dikembangkan melalui Fase Requirements Analysis, Fase System Design, Fase Implementation, Fase Testing, Fase Deployment, dan Fase maintenance.. (2) Hasil pengembangan konten E-learning yang dikembangkan memiliki validitas dengan: (a) Hasil review ahli isi (96%), (b) Hasil review ahli desain (85%), (c) Hasil review ahli media (96,1%), (d) Hasil uji coba perorangan (93%), hasil uji coba kelompok kecil (92,5%), dan hasil uji lapangan (94,45%). (3) Pengembangan konten E-learning efektif diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran seni budaya. Disimpulkan bahwa nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Sehingga dapat diinterprestasikan bahwa dengan menggunakan konten E-learning berbasis dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya kelas VIII di MTs Terpadu Mardlatillah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten E-learning, Model Pengembangan, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: David Arifuddin
Date Deposited: 25 Feb 2021 01:39
Last Modified: 25 Feb 2021 01:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5644

Actions (login required)

View Item View Item