ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA GEOMETRI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI DI DESA YEHSUMBUL SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sardi, Idrus (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA GEOMETRI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI DI DESA YEHSUMBUL SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1313011078-COVER.pdf

Download (555kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1313011078-ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313011078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313011078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313011078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313011078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1313011078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313011078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1313011078-LAMPIRAN.pdf

Download (668kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (i) letak kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita geometri, (ii) jenis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita geometri, dan (iii) factor penyebab kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita geometri. Studi ini ialah penelitian kualitatif bertipe deskriptif. Subjek studi yaitu siswa kelas VI SD Negeri di Desa Yehsumbul. Terdapat tiga SD Negeri diambil masing-masing 3 siswa untuk dijadikan sebagai subjek wawancara. Analisa data diambil dari pengumulan data, penyajian, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukan: 1) Siswa berkemampuan tinggi memperoleh sedikit kesalahan dengan rentangan nilai dari 85-100 yang memenuhi Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). 2) Siswa berkemampuan sedang, siswa yang melakukan kesalahan dengan rentang nilai dari 65-84 yang hampir dibawah KKM. 3) siswa berkemampuan rendah, memiliki kesalahan yang cukup banyak dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 0-65 nilai dibawah KKM. Simpulan peneliti menjelaskan (1) Faktor yang menyebabkan kesalahan siswa yaitu: (a) Faktor kesalahan interpretasi bahasa, (b) Faktor kealahan konsep, (c) Faktor kesalahan teknis (oprasi atau perhitungan), (d) Faktor karena tidak menjawab soal, (2) Siswa salah mengubah informasi yang telah di berikan kedalam kalimat matematika, (3) Kesalahan tidak dapat menentukan rumus yang harus digunakan, (4) Kesalahan dalam perhitungan, (5) Kesalahan siswa yang tidak mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesalahan siswa dan menyelesaikan soal cerita geometri
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Idrus Sardi
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:18
Last Modified: 25 Feb 2021 07:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item