Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Media Kartu Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng

Suryawan, I Gede Putu (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Media Kartu Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729041078-COVER.pdf

Download (595kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729041078-ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1729041078-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB II LANDASAN TEORI)
1729041078-BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1729041078-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1729041078-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1729041078-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729041078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729041078-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Suryawan, I Gede Putu (2019), Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Media Kartu Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Tesis Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Prof.Dr. I Made Ardana, M.Pd. Kata-kata kunci: SSCS, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan secara simultan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran SSCS berbantuan media kartu masalah dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan single factor independent groups design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di gugus XIII Kecamatan Buleleng yang berjumlah 189 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan cara undian. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Banjar Tegal dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Banjar Tegal. Data kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (anava-a dan manova). Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model SSCS dalam kemampuan berpikir kritis siswa nampak memiliki kemampuan bertindak secara normatif, bernalar tentang sesuatu yang dilihat, didengar atau dipikirkan terhadap suatu masalah. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran SSCS, siswa tampak gigih dan analitis untuk dapat mencari penyelesaian masalah. Hal ini berarti model pembelajaran SSCS berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: SSCS, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I GEDE PUTU SURYAWAN
Date Deposited: 17 Oct 2019 05:12
Last Modified: 17 Oct 2019 05:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item