WILANTARA, I PUTU EKA (2021) PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN DIRI BERMUATAN PROSES SAINS TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1339011004-COVER.pdf Download (350kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1339011004-ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB I)
1339011004-BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only until March 2021. Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
1339011004-BAB II KAJIAN TEORI .pdf Restricted to Repository staff only until March 2021. Download (901kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
1339011004-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only until March 2021. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
1339011004-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only until March 2021. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
1339011004-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only until March 2021. Download (46kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1339011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1339011004-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh implementasi asesmen diri bermuatan proses sains terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika dengan mengontrol pengetahuan awal. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan eksperimen semu pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Singaraja dengan menggunakan rancangan single factor independent group design with use of covariate. Penelitian ini melibatkan 143 orang siswa SMA kelas X MIPA yang diambil dengan teknik multistage random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner sikap ilmiah, tes pengetahuan awal dan tes hasil belajar fisika. Data diolah dengan analisis kovarians multivariat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran fisika dengan asesmen diri bermuatan proses sains dan siswa yang mengikuti pembelajaran fisika dengan asesmen konvensional setelah mengontrol pengetahuan awal, baik secara mandiri maupun secara simultan. Pengetahuan awal siswa berkontribusi terhadap sikap ilmiah sebesar 22,8%, dan terhadap hasil belajar fisika sebesar 19,4%. Guru disarankan menggunakan asesmen diri bermuatan proses sains dalam pembelajaran untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen diri, proses sains, sikap ilmiah, hasil belajar fisika, pengetahuan awal |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Putu Eka Wilantara |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 02:17 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 02:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5910 |
Actions (login required)
View Item |