Filivani, Putu Nita (2021) PENGEMBANGAN E- BOOK BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS V SD NEGERI 1 PEMECUTAN KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031019-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031019-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (545kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031019-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran di sekolah dasar. Guru kurang berinovasi dalam mengembangkan media sehingga interaksi siswa dalam pembelajaran daring tidak maksimal dan berakibat pada kurangnya penguatan nilai karakter bagi siswa. Media yang dikembangkan adalah E-Book bermuatan nilai-nilai karakter. Karena itu, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses rancang bangun produk E-Book bermuatan nilai-nilai karakter dan mengetahui hasil validasi E-Book menurut hasil review para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data digunakan metode kuesioner. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data berdasarkan validasi media oleh ahli isi muatan pelajaran diperoleh skor 91,67% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional diperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran diperoleh skor 95,00% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji pengguna perorangan pada 3 orang siswa diperoleh skor 95,83% dengan kualifikasi sangat baik dan uji pengguna melalui uji kelompok kecil pada 12 orang siswa diperoleh skor 97,50% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran) dan hasil uji pengguna (siswa) disimpulkan bahwa media E-Book bermuatan nilai-nilai karakter adalah layak digunakan dalam pembelajaran muatan PPKn di kelas V SD. Implikasi pemanfaatan E-Book sebagai media pembelajaran berbasis teknologi ditunjang sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti akses internet (WiFi), perangkat komputer/laptop, LCD, proyektor, serta kesiapan dan keterampilan guru maupun siswa dalam mengakses media E-Book.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan E-Book, Nilai-nilai Karakter, PPKn. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Nita Filivani |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 06:04 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 06:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6032 |
Actions (login required)
View Item |