Puspawati, Ni Wayan Nilam (2021) The Challenges and Strategies of Nature-Based School Teachers in Maintaining Nature-Based Learning in Teaching English for Young Learners during the COVID-19 Pandemic. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929081029-COVER.pdf.pdf Download (242kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929081029-ABSTRAK.pdf.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081029-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081029-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (162kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929081029-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penyebaran wabah COVID-19 mempengaruhi sektor pendidikan, terutama sekolah berbasis alam. Guru dituntut untuk dapat mempertahankan pembelajaran berbasis alam terlepas dari segala keterbatasan selama belajar dari rumah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan tantangan dan strategi internal dan eksternal guru sekolah berbasis alam dalam mempertahankan pembelajaran berbasis alam selama pandemi COVID-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan pada 25 rekaman pembelajaran online dan wawancara dilakukan dengan tiga guru sebagai subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tantangan internal terdiri dari penggunaan teknologi termasuk kesiapan guru dalam menggunakan teknologi serta interaksi yang terbatas; pedagogi, termasuk miskomunikasi antar guru, menghadapi murid selama pembelajaran online, serta mengendalikan interaksi (2) guru menerapkan strategi yang berbeda untuk menghadapi tantangan internal; (3) tantangan eksternal dating dari empat factor, yaitu murid yang terdiri dari kesulitan untuk beralih ke pembelajaran online, kesiapan menggunakan teknologi, kesulitan berinteraksi, ketidakhadiran siswa, perhatian yang terbatas; dari orangtua yang terdiri dari kesulitan untuk beralih ke pembelajaran online, ketidakhadiran orangtua, pemberian pertolongan yang berlebihan, dan kehadiran orangtua; lingkungan yang terdiri dari keterbatasan paparan alam dan kebisingan karena area sekolah terbuka; dan, infrastruktur yang terdiri dari koneksi internet dan masalah teknis; (4) Guru masih berusaha mengimplementasikan strategi untuk mengatasi masalah terkait infrastruktur. Maka, dapat disimpulkan bahwa guru sadar akan adanya tantangan dan mampu mengimplementasikan strategi tertentu untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut guna mempertahankan pembelajaran berbasis alam dalam mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak selama pandemic COVID-19. Bagaimanapun, guru disarankan untuk mengimplementasikan lebih banyak strategi untuk mengatasi masalah yang belum dapat diatasi, seperti koneksi internet dan masalah teknis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis alam, mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak, pembelajaran online, COVID-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | NI WAYAN NILAM PUSPAWATI |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 01:45 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6070 |
Actions (login required)
View Item |