Arini, Ni Luh Putu Dina (2021) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Datar pada Kelas IV SD Nomor 1 Bongkasa Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031223-COVER.pdf Download (820kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031223-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031223-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031223-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031223-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031223-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031223-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031223-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031223-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun aplikasi pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual materi bangun datar pada kelas IV SD No. 1 Bongkasa dan (2) mengetahui kelayakan aplikasi pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual materi bangun datar pada kelas IV SD No. 1 Bongkasa. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas IV di SD No.1 Bongkasa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis pada proses pengembangan produk. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk aplikasi pembelajaran meliputi hasil (1) Deskripsi proses pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. (2) Aplikasi pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor (90,90%) dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor (92,85%) dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor (86,36%) dengan kualifikasi baik dan (d) hasil penilaian siswa melalui uji perorangan memperoleh persentase skor (93,33%) dengan kualifikasi sangat baik. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yakni kepada kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan fasilitas pada guru dalam proses pembelajaran dan agar dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian yang lebih inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, aplikasi pembelajaran, matematika, kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH PUTU DINA ARINI |
Date Deposited: | 11 May 2021 05:24 |
Last Modified: | 11 May 2021 05:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6155 |
Actions (login required)
View Item |