Cahyani, Ni Komang Reza (2021) PENGARUH KECEMASAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS IR. SOEKARNO KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031285-COVER.pdf Download (409kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031285-ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031285-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031285-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031285-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031285-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031285-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031285-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17110311285-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Salah satu keberhasilan tercapainya tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar. Kecemasan dan kecerdasan emosional merupakan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian “expost facto” dengan jumlah populasi sebanyak 238 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling, sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 142 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan pencatatan dokumen nilai PAS semester I. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 3,5%; (2) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 6,6%; (3) Terdapat pengaruh kecemasan dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 7,2%. Sehingga kesimpulan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecemasan, kecerdasan emosional, hasil belajar matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Reza Cahyani |
Date Deposited: | 20 May 2021 01:44 |
Last Modified: | 20 May 2021 01:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6159 |
Actions (login required)
View Item |