Badin, Paulus Pati (2021) Pengembangan Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD No 2 Tibubeneng Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031164-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031164-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031164-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (371kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031164-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031164-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031164-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031164-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031164-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031164-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan sebuah produk Media Wayang Karton. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III dan (2) mengetahui validitas Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan diantaranya. (analyze, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini terbatas sampai pada tahap pengembangan, dikarenakan kondisi pandemic Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk melibatkan banyak siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni metode non tes dengan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini meliputi hasil (1) deskriptif proses pengembangan Media Wayang Karton. (2) Media Wayang Karton dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor (95,45%) dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor (100%) dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor (75,00%) dengan kualifikasi baik dan penilaian siswa melalui uji coba perorangan dengan tujuh orang siswa memperoleh persentase skor (91,66%) dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia valid digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Wayang Karton, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PAULUS PATI BADIN |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 08:51 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 08:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6200 |
Actions (login required)
View Item |