Islamyati, Mega Putri (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pembelajaran IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Sesetan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031224-COVER.pdf Download (335kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031224-ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031224-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031224-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031224-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031224-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031224-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031224-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031224-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada SD diperoleh permasalahan mengenai keterbatasan sumber ajar dan hasil belajar daring siswa yang kurang maksimal. Siswa memerlukan visualisasi yang dapat membantu mengkonkretkan pemahaman materi, khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan rancang bangun dan kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA menurut validasi uji ahli dan uji coba perorangan. Penelitian pengembangan ini menerapkan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang dilengkapi dengan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian pengembangan ini berupa multimedia pembelajaran interaktif kemudian dilakukan review dari validator ahli isi mata pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan uji coba perorangan pada siswa. Hasil analisis data berdasarkan validasi oleh ahli isi materi pelajaran diperoleh persentase skor sebesar 96,15% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional diperoleh persentase skor sebesar 87,5% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran diperoleh persentase skor sebesar 93,00% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil review 3 orang siswa dalam uji coba perorangan diperoleh persentase skor sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Pembelajaran Interaktif, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Mega Putri Islamyati |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 01:17 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 01:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6237 |
Actions (login required)
View Item |