Pangestu, Ida Bagus Gede Surya (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA BUDAYA BERBASIS AUDIOVISUAL MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SD N 4 PENATIH DENPASAR TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031008-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031008-Abstrak.pdf Download (190kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031008-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (957kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031008-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031008-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTKA)
1711031008-Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031008-Lampiran.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui rancang bagun media pembelanjaran peta budaya berbasis Audiovisual materi keberagaman budaya pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD N 4 Penatih Denpasar Timur (2) Untuk mengetahui kualitas media pembelanjaran peta budaya berbasis Audiovisual materi keberagaman budaya pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD N 4 Penatih Denpasar Timurmenurut para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara tak berstruktur, pencatatan dokumen, dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun media pembelajaran peta budaya berbasis audiovisual dalam mata pelajaran IPS muatan materi keberagaman budaya bangsaku menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan: (a) tahap analisis (analyze), (b) tahap merancang (design), (c) tahap mengembangkan (development),(d) tahap implementasi (implementation), (e) tahap evaluasi (evaluation). (2) Media pembelajaran peta budaya berbasis audiovisual mata pelajaran IPS muatan materi keberagaman budaya bangsaku dikatakan valid dengan: (a) review ahli isi mata pelajaran menunjukkan media pembelajaran peta budaya baik dengan persentase (87,50%), (b) review ahli desain pembelajaran media pembelajaran peta budaya berbasis audiovisual termasuk dalam kriteria baik dengan persentase (91,66%). (c) hasil review ahli media pembelajaran media pembelajaran peta budaya berbasis audiovisual termasuk dalam kriteria baik dengan persentase (91,66%) dan (d) hasil uji perorangan media pembelajaran peta budaya masuk dalam kriteria baik dengan persentase (91,33%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta Budaya, Audiovisual, Keberagaman Budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Bagus Gede Surya Pangestu |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 01:09 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 01:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6250 |
Actions (login required)
View Item |