PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIPLY CARDS BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG SISWA KELAS II SD NO. 2 KAPAL KABUPATEN BADUNG

Dewi, Ni Luh Putu Arie Gargita (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIPLY CARDS BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG SISWA KELAS II SD NO. 2 KAPAL KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031221-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031221-ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031221-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (554kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031221-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031221-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031221-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031221-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031221-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031221-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran dan model dalam pembelajaran yang digunakan guru, terutama dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan dari media pembelajaran Multiply Cards dalam mata pelajaran matematika materi operasi hitung kelas II di SD No. 2 Kapal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan menggunakan 4 tahapan pelaksanaan penelitian yaitu pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, Validasi dan Uji Coba. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif meliputi analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun media pembelajaran multiply cards pada mata pelajaran matematika memiliki 4 tahapan pengembangan, yaitu : tahap pengumpulan informasi tahap perencanaan, tahap pengembangan produk dan tahap validasi serta uji coba produk. (2) Kelayakan media media pembelajaran multiply cards pelajaran matematika yang dikembangkan didasari oleh penialain yang dilakukan oleh ahli isi mata diperoleh hasil dengan persentase 95% dengan kategori sangat baik, hasil ahli desain pembelajaran diperoleh hasil dengan persentase 88% dengan kategori baik, hasil ahli media pelajaran diperoleh hasil dengan persentase 90% dengan kategori sangat baik dan uji coba perorangan memperoleh hasil persentase 96% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan hasil penilaian media multiply cards berorientasi problem based learning pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung kelas II yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multiply Cards, Problem Based Learning, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH PUTU ARIE GARGITA DEWI
Date Deposited: 17 Jun 2021 01:00
Last Modified: 17 Jun 2021 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6255

Actions (login required)

View Item View Item