Yundari, Putu Emmy (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM POSING MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413011076-COVER.pdf Download (709kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011076-ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011076-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011076-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011076-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung faktor kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematika terhadap kemampuan problem posing matematika siswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Singaraja dengan sampel sebanyak 266 siswa diambil menggunakan teknik random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Data pada penelitian ini adalah kemampuan problem posing dan data kemampuan komunikasi matematika yang diukur dengan lembar tes serta data kemandirian belajar diukur menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Model. Analisis Structural Equation Model yaitu analisis multivariat yang digunakan untuk mendeskripsikan hubungan antar variabel dalam penelitian. Proses analisis SEM dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan software Lisrel 9.20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi berpengaruh positif terhadap kemampuan problem posing dengan koefisien korelasi berturut-turut sebesar 0,02 dan 1,03. Sementara itu, pengaruh tidak langsung kemandirian belajar terhadap kemampuan problem posing matematika melalui kemampuan komunikasi matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,45. Pengaruh tidak langsung kemampuan komunikasi matematika terhadap kemampuan problem posing matematika melalui kemandirian belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,45.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Problem Posing,Analisis SEM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | PUTU EMMY YUNDARI |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 06:47 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6284 |
Actions (login required)
View Item |