Widyaputri, Putu Nia Sri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SD NEGERI 1 BLAHKIUH KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031269-Cover.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031269-Abstrak.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031269-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031269-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031269-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031269-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031269-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
1711031269-Daftar Rujukan.pdf Download (593kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031269-Lampiran.pdf Download (37MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran video animasi pada pokok bahasan pecahan dengan pendekatan kontekstual di kelas IV SD Negeri Blahkiuh Kecamatan Abiansemal dan (2) mengkaji kelayakan media pembelajaran video animasi pada pokok bahasan pecahan dengan pendekatan kontekstual di kelas IV SD Negeri 1 Blahkiuh Kecamatan Abiansemal menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk dan model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ASSURE. Data yang dikumpulkan merupakan data bersifat kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun media video animasi pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model ASSURE yang meliputi tahapan: (a) tahap analyze learner, (b) tahap state standars and objectives, (c) tahap select strategies, technology, media and materials, (d) tahap utilize technology, media and materials, (e) tahap require learner participation, dan (f) tahap evaluate and revise. (2) Media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran matematika dinyatakan valid dan layak dengan: (a) hasil review ahli materi pembelajaran menunjukan media video animasi sangat baik dengan persentase (91,67%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan media video animasi sangat baik dengan persentase (95,00%), (c) hasil review ahli media menunjukkan media video animasi sangat baik dengan persentase (90,00%), (d) hasil uji coba perorangan menunjukkan media video animasi sangat baik dengan persentase (93,17%). Berdasarkan hasil review para ahli dan hasil uji coba perorangan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi pada pokok bahasan pecahan di kelas IV dengan pendekatan kontekstual layak digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Animasi, ASSURE, Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Nia Sri Widyaputri |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 03:16 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 03:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6286 |
Actions (login required)
View Item |