PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Dewi, Kadek Puspa (2021) PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1617011012-COVER.pdf

Download (538kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1617011012-ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1617011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1617011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1617011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1617011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1617011012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1617011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1617011012-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan video pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini berjumlah 71 siswa, 35 siswa dari kelas XI IPS 1 dan 36 siswa dari kelas XI IPS 2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experiment Design Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan media video, sedangkan kelompok kontrol melaksanakan pembelajaran seperti biasa dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes Ekonomi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan nilai t hitung 5,204 > t tabel 1,995 dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sawan yang diajar dengan memanfaatkan media video pembelajaran dan tanpa memanfaatkan media video pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, hasil belajar, ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Kadek Puspa Dewi
Date Deposited: 07 Jul 2021 05:22
Last Modified: 07 Jul 2021 05:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6349

Actions (login required)

View Item View Item