The Analysis of English Teachers’ Perspectives on The Fulfillment of One-Page Lesson Plan Principles and Its Components Completeness at SMAN 1 Singaraja

Januarta, Putu Agus (2021) The Analysis of English Teachers’ Perspectives on The Fulfillment of One-Page Lesson Plan Principles and Its Components Completeness at SMAN 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021114-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021114-ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021114-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021114-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021114-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021114-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021114-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021114-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021114-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif guru bahasa Inggris berpengalaman tentang pemenuhan prinsip RPP satu halaman dan kelengkapan komponen RPP satu halaman di SMAN 1 Singaraja. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah 2 guru bahasa Inggris yang berpengalaman dan 2 guru bahasa Inggris pemula. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan analisis dokumen. Instrumen prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan analysis lembar rencana pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perspektif guru bahasa Inggris yang berpengalaman dan pemula menunjukkan positif karena guru tersebut meyakini bahwa RPP satu halaman lebih efisien, efektif, dan lebih berorientasi pada siswa sehingga guru tersebut dapat membuat RPP yang sederhana dengan mudah. Selain itu, kelengkapan komponen RPP guru bahasa Inggris tersebut memiliki pola yang hampir sama meliputi komponen inti dan komponen lainnya sebagai pelengkap. Hasil ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip penyusunan RPP satu halaman telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selain itu, kebijakan penyederhanaan RPP ini perlu dipertahankan karena mendapat respon positif dari para guru bahasa Inggris yang berpengalaman dan pemula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perspektif, Guru Berpengalaman dan Pemula, Prinsip RPP 1 Halaman, Komponen RPP 1 Halaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Agus Januarta
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:16
Last Modified: 12 Jul 2021 03:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6388

Actions (login required)

View Item View Item