Widikasih, Putu Astri (2021) Problematika Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031100-COVER.pdf Download (815kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031100-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031100-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031100-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031100-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031100-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031100-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031100-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031100-LAMPIRAN.pdf Download (40MB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi langsung antara pendidik dengan peserta didik dan berbagai sumber belajar dalam suasana lingkungan belajar, namun pada kenyataannya adanya penyebaran virus Covid-19 menyebabkan pelaksanaan pembelajaran tidak bisa dilakukan dengan tatap muka langsung melainkan hanya melalui media online dengan model pembelajaran daring. Proses pembelajaran daring mengalami berbagai kendala baik kendala oleh siswa, guru, maupun orang tua siswa. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengkaji problematika yang dialami siswa sekolah dasar pada saat mengikuti pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan teknik analisis data kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 401.321 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 teknik sampling yakni cluster random sampling dan accidental sampling dengan jumlah sampel akhir sebanyak 1.104 siswa. Proses pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada responden yang kemudian anlisis dengan analisis kuantitatif dengan menggunakana rumus persentase dan analisis kualitatif. Adapun dari hasil analisis diketahui bahwa terdapat 4 problematika utama yang dihadapi oleh siswa selama mengikuti pembelajaran daring, diantaranya adalah: tidak memiliki perangkat pembelajaran yang memadai, sulit untuk memahami materi pelajaran, kualitas sinyal masih rendah, dan motivasi belajar rendah. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengaruh positif terhadap perbaikan pelaksanaan pendidikan serta diharapkan dapat menjadi landasan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problematika pembelajaran, pembelajaran daring, proses pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU ASTRI WIDIKASIH |
Date Deposited: | 10 Jul 2021 09:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2021 09:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6398 |
Actions (login required)
View Item |