Dewi, Luh Gede Diah Prapti (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Ketahanmalangan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa SD Kelas Tinggi Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031031-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031031-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031031-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian ketahan-malangan yang layak pada mata pelajaran IPA siswa SD kelas tinggi Gugus VI Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2020/2021 dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang dilaksanakan dengan mengadaptasi model RDR (Research, Development, and Research) yang ketiga tahapannya dijadikan acuan dalam memproduksi dan memvalidasi instrumen penilaian yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah instrumen penilaian ketahanmalangan yang terdiri atas kisi-kisi dan lembar kuesioner dengan jumlah pernyataan sebanyak 40 butir dengan rincian 20 butir pernyataan positif dan 20 butir pernyataan negatif. Instrumen penilaian ketahanmalangan ini telah diuji oleh dua orang ahli (dosen) dan dua orang praktisi (guru). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penilaian oleh ahli menunjukkan sebanyak 40 butir pernyataan memperoleh perhitungan validitas sebesar 1,00 dengan kriteria sangat tinggi serta memperoleh perhitungan reliabilitas sebesar 1,00 yang berarti instrumen dinyatakan reliabel, dan (2) penilaian oleh praktisi menunjukkan sebanyak 40 butir pernyataan memperoleh perhitungan validitas sebesar 1,00 dengan kriteria sangat tinggi serta memperoleh perhitungan reliabilitas sebesar 1,00 yang berarti instrumen dinyatakan reliabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketahanmalangan, IPA, Instrumen penilaian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Diah Prapti Dewi |
Date Deposited: | 10 Jul 2021 09:49 |
Last Modified: | 10 Jul 2021 09:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6400 |
Actions (login required)
View Item |