Liniasari, Anak Agung Ayu Made (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA MUATAN ILMU PRNGETAHUAN SOSIAL DENGAN TOPIK SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031075-COVER.pdf Download (920kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031075-ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (558kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031075-DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (4MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031075-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran berbasis komik dengan topik sumber daya alam di kelas IV. Penerapan model pengembangan adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yakni: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap emplementasi dan evaluasi tidak terlaksana karena pengembangan media menyesuaikan dengan tujuan penelitian yaitu mengembangkan sampai tahap pengembangan, selain itu situasi dan kondisi yang masih pandemi tidak memungkinkan untuk melaksanakan tahap implementasi dan evaluasi karena memerlukan siswa dalam melaksanakannya. Produk media pembelajaran berbasis komik dijadikan subjek dalam penelitian ini, kemudian validitas media pembelajaran berbasis komik merupakan objek penelitiannya. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner. Dalam mengukur validitas media pembelajaran berbasis komik, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh 1 dosen sebagai ahli materi dan 1 dosen sebagai ahli media dan 2 orang guru sebagai ahli praktisi. Rumus mean digunakan agar mengetahui rata-rata skor validitas media yang diperoleh dari data validitasnya. Skor rata-rata yang diperoleh masing-masing ahli pada ahli materi sebesar 4.80, ahli media sebesar 4.79, dan ahli praktisi sebesar 4.88, ketiga skor rata-rata yang diperoleh tergolong kategori “sangat baik”. Berdasarkan hal tersebut maka media pembelajaran berbasis komik yang dikembangkan dengan topik sumber daya alam dinyatakan valid serta dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media komik, sumber daya alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Ayu Made Liniasari |
Date Deposited: | 10 Jul 2021 11:22 |
Last Modified: | 10 Jul 2021 11:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6412 |
Actions (login required)
View Item |