Putri, Ni Kadek Rossita Cahyani (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MUATAN IPA SUBTEMA 1 TEMA 8 KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031155-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031155-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031155-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (486kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031155-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031155-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031155-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031155-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031155-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031155-LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif pada muatan IPA subtema 1 tema 8 kelas V SD yang sudah teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, model ini terdiri dari beberapa langkah-langkah yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Dari tahapan tersebut, penelitian ini hanya berfokus pada tiga tahapan meliputi analyze, design, dan development, sedangkan untuk tahapan implementation dan evaluation tidak dilaksanakan didalam penelitian ini dikarenakan keterbatasan waktu dan akses selama masa pandemi berlangsung. Subjek dalam penelitian ini merujuk pada e-modul interaktif pada muatan IPA pada subtema 1 tema 8 kelas V sekolah dasar. Disisi lain, objek dalam penelitian ini adalah validitas e-modul interaktif muatan IPA pada subtema 1 tema 8 kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner di dalam pengumpulan data, metode ini diterapkan dengan cara memberikan pernyataan-pernyataan kepada responden yakni, ahli materi, ahli media, dan praktisi. Dalam kegiatan uji validitas e-modul interaktif menghasilkan data berupa angka yang dihitung rata-rata skornya, selanjutnya dikategorikan ke dalam tabel skala lima. Penilaian dari dua orang dosen ahli materi mendapatkan nilai 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”. Penilaian dari dua orang dosen ahli media mendapatkan nilai 4,8 dengan kualifikasi “sangat baik”. Penilaian dari dua orang praktisi yaitu guru wali kelas V SD mendapatkan nilai 4,9 dengan kualifikasi “sangat baik”. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan pengembangan e-modul interaktif pada muatan IPA subtema 1 tema 8 kelas V SD dengan materi siklus air memiliki kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul interaktif, IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Rossita Cahyani Putri |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 01:13 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 01:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6426 |
Actions (login required)
View Item |