PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MUATAN IPA PADA SUB TEMA 1 TEMA 5 KELAS V SD GUGUS 4 BULELENG TAHUN AJARAN 2020/2021

Wiratama, Gusti Ngurah Komang (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MUATAN IPA PADA SUB TEMA 1 TEMA 5 KELAS V SD GUGUS 4 BULELENG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031284-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031284-ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031284-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031284-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031284-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031284-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031284-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031284-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031284-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan E-Modul interaktif muatan IPA pada sub tema 1 tema 5 kelas V SD Gugus 4 Buleleng Tahun ajaran 2020/2021 yang teruji validitasnya merupakan tujuan dari penelitian ini. Tatanan dalam penelitian ini menerapkan model ADDIE berupa: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi sehingga penelitian pengembangan merupakan jenis penelitian ini. Namun penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga pengembangan karena fasilitas, sumber daya, tenaga, dan waktu yang terbatas. Subjek penelitian ini adalah E-Modul Interaktif muatan IPA pada sub tema 1 tema 5 kelas V SD. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas E-Modul Interaktif muatan IPA pada tema 5 sub tema 1 kelas V SD. Metode kuisioner dengan cara menyerahkan lembar penilaian kepada 2 guru dengan peran guru praktisi, 2 ahli media serta 2 ahli materi yang berasal dari dosen. Instrument penelitian ini adalah instrument rating scale yang berupa lembar penilaian E-modul interaktif muatan IPA pada sub tema 1 tema 5 kelas V SD dari para ahli. Data yang diproleh dari hasil uji validitas kemudian diolah dengan rumus mean guna mendapatkan hasil mean validity score E-Modul interaktif muatan IPA pada sub tema 1 tema 5 kelas V SD. Hasil analisis menunjukkan mean score dari praktisi 4.96, ahli meida 4.73, dan ahli materi 4.41. Hasil validitas dari praktisi, ahli media, dan ahli materi terdapat di kisaran 4.00≤X≤5.00 dengan sangat baik sebagai kualifikasinya. Oleh karena itu, maka E-Modul Interaktif muatan IPA pada sub tema 1 tema 5 kelas V SD disimpulkan valid serta bisa diterapkan di kelas V SD khususnya materi ekosistem di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif IPA, Ekosistem, Model ADIEE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: GUSTI NGURAH KOMANG WIRATAMA
Date Deposited: 13 Jul 2021 01:15
Last Modified: 13 Jul 2021 01:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6511

Actions (login required)

View Item View Item