Sulaksana, I Made Harman (2021) EFEKTIVITAS/PERANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031298-COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031298-ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031298-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031298-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031298-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031298-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031298-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031298-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031298-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh karena itu pendidikan menuntut orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk bekerjasama secara maksimal, penuh rasa tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi dalam meningkatkan mutu Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam Pembelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha. Dengan unit penelitian dalam bentuk jurnal nasional. Waktu efektif pelaksanaan penelitian mulai dari bulan januari 2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis, yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang lebih dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah artikel pada jurnal yang telah dipublikasikan secara nasional dengan kriteria, (1) ditulis oleh peneliti umum maupun mahasiswa, (2) penelitian dilakukan di Indonesia (3) penelitian dilakukan dalam rentang tahun 2010-2019, (4) subyek penelitian berupan penggunaan model kooperatif dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial atau IPS, (5) penelitian dilakukan pada jenjang pendidikan sekolah dasar SD. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis effect size digunakan untuk mengetahui besar peranan dalam hasil penelitian yang digunakan sebagai data penelitian. Temuan analisis hasil penelitian yang telah dilakukan memberikan kesimpulan bahwa: Pembelajaran kooperatif secara efektif mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada kelompok eksperimen dari kelompok kontrol, dengan effect size 0,491 yang berarti dalam kategori besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif lebih efektif dan patut diterapkan dalam pembelajaran IPS dari pada model pembelajaran konvensional karena, model pembelajaran kooperatif dapat dijadikanan ternatif pembelajaran untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, ilmu pengetahuan sosial, pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Harman Sulaksana |
Date Deposited: | 17 Jul 2021 02:02 |
Last Modified: | 17 Jul 2021 02:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6556 |
Actions (login required)
View Item |