Pinatih, I Gusti Ayu Dwi Pradnyandari (2021) DEVELOPING EDUCATIONAL VIDEO FOR TEACHING ENGLISH AT 5TH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS USING PROBLEM-BASED LEARNING METHOD AT BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021143-COVER.pdf Download (32MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021143-ABSTRAK.pdf Download (662kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021143-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (584kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021143-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021143-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021143-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021143-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021143-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (569kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021143-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penggunaan video sebagai media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mendidik anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video Pendidikan (video pembelajaran yang berisi penjelasandari guru dan beberapa latihan) dengan menggunakan metode berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar di Buleleng. Penelitian Design & Development oleh Richey & Klein (2007) digunakan sebagai metode penelitian. Ada empat tahap yang dilakukan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Untuk mengumpulkan data, beberapa instrumen digunakan seperti pedoman wawancara, analisis silabus, blueprint untuk video, rubrik penilaian untuk para ahli, rubrik penilaian untuk guru, serta kuesioner. Video yang telah dikembangkan berbentuk prototipe yang artinya masih dapat dikembangkan lagi kedepannya. Ada dua topik yang dikembangkan menjadi video, yaitu bagian tubuh manusia dan bagian rumah. Kualitas video dianalisis berdasarkan data yang diperoleh dari ahli Pendidikan, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran dikategorikan sebagai media yang sangat baik untuk digunakan. Video yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk mengajar pelajar muda dalam situasi pandemic. Para pengguna memberikan tanggapan positif terhadap video tersebut. Produk dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video, Pembelajar Muda, Pembelajaran Berbasis Masalah, Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Dwi Pradnyandari Pinatih |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 04:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 04:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6569 |
Actions (login required)
View Item |