Litna, Kamelia Olga (2021) Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika SMA Kelas X. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1829021002-COVER.pdf Download (936kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829021002-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (553kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829021002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (539kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829021002-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Memaparkan kisi-kisi tes higher order thinking (HOTS) Matematika SMA kelas X, dan (2) untuk mengembangkan instrument tes high order thinking skills (HOTS) matematika SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganan instrumen dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Mardapi, yang terdiri dari dua tahap yakni tahap perancangan dan tahap uji coba. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Borong, SMA Negeri 7 Borong, SMA Negeri 5 Kotakomba, SMA Negeri 7 Kotakomba tahun pelajaran 2020/2021. Subjek ujicoba diambil dengan teknik purposive sampling. Siswa yang dijadikan subjek penelitian pada uji coba kelompok kecil sebanyak 125 siswa dan pada uji coba kelompok besar sebanyak 250 siswa. Hasil penelitian menunjukan dari 25 butir tes yang diujicobakan terdapat 20 butir tes yang memenuhi standar kualitas tes HOTS. Semua butir tes valid, dengan koefisien validitasnya adalah 0,539, 0,397, 0,543, 0,362, 0,387, 0,374, 0,390, 0,543, 0,508, 0,362, 0,386, 0,580, 0,501, 0,633, 0,370, 0379, 0,391, 0,408, 0,333, 0,372. Reliabilitas tes sebesar 0,803 dengan kategori sangat tinggi. Tingkat kesukaran dengan kategori sedang sebanyak 14 butir tes dan 9 butir tes dengan kategori sukar. Berdasarkan analisis menggunakan item respon butir diperoleh siswa dengan kemampuan rendah mampu menjawab tes matematika berbasis HOTS dengan benar sebanyak 19,19%, siswa dengan kemampuan sedang mampu menjawab tes matematika berbasis HOTS dengan benar sebanyak 63,51%. Sedangkan siswa dengan kemampuan tinggi mampu menjawab tes matematika berbasis HOTS sebanyak 92,75%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Instrumen Tes, HOTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Kamelia Olga Litna |
Date Deposited: | 20 Jul 2021 01:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2021 01:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6637 |
Actions (login required)
View Item |