Suhartana, Gusti Made (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PPKN BERBASIS KEARIFAN LOKAL MULAT SARIRE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 BLAHBATUH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714041002-COVER.pdf Download (903kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714041002-ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714041002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714041002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714041002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714041002-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Blahbatuh semester genap tahun pelajaran 2020/2021 melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning berbasis kearifan lokal mulat sarira dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) kali siklus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Blahbatuh yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Menanamkan konsep langkah sadar, ingat, dan kembali. (2) Pada siklus I terdapat 11 orang siswa dinyatakan aktif serta presentase hanya mencapai sebesar 30,5%, sedangkan pada siklus II terdapat 21 orang siswa dinyatakan aktif serta presentase mencapai sebesar 58,3%. (3) Untuk hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I nilai rata- rata hasil belajar siswa sebesar 74.58 dan ketuntasan klasikal sebesar 66.7%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,58 dan ketuntasan klasikal 91,6%. Dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning dalam PPKn berbasis kearifan lokal mulat sarira dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Blahbatuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Mulat Sarira, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Gusti Made Suhartana |
Date Deposited: | 18 Jul 2021 03:38 |
Last Modified: | 18 Jul 2021 03:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6664 |
Actions (login required)
View Item |