Larasati, Putti (2021) Penggunaan PowToon dalam Pembelajaran Teks Persuasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011009-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (179kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712011009-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011009-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan PowToon dalam pembelajaran teks persuasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks persuasi dengan PowToon di kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt, (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung penggunaan PowToon dalam pembelajaran teks persuasi dengan PowToon di kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Bapak I Gede Armika, S.Pd, Ina, dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Seririt. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penggunaan PowToon dalam pembelajaran teks persuasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt, hasil belajar siswa dengan PowToon dalam pembelajaran teks persuasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt, dan faktor pendukung dan penghambat penggunaan PowToon dalam pembelajaran teks persuasi dengan PowToon di kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan penggunaan PowToon dalam pembelajaran teks persuasi di kelas VIII dilakukan dengan tiga tahap kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (2) Hasil belajar siswa dalam dalam pembelajaran teks persuasi dengan PowToon di kelas VIII dikategorikan baik dengan rata-rata 81,22, (3) Faktor yang menjadi penghambat dari segi guru dan segi siswa. Faktor pendukung dari segi sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dan guru. Berdasarkan simpulan tersebut, ada beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu: (1) guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah lain agar memanfaatkan media ini, (2) guru menyampaikan kepada orang tua atau keluarga siswa untuk mampu mendampingi anak-anaknya dalam proses pembelajaran secara daring ini agar memudahkan tercapainya keberhasilan belajar siswa, (3) peneliti lain dapat melakukan penelitian mengenai penggunaan PowToon dalam materi pembelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, PowToon, teks persuasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Putti Larasati |
Date Deposited: | 18 Jul 2021 03:41 |
Last Modified: | 18 Jul 2021 03:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6682 |
Actions (login required)
View Item |