Nurvenayanti, Intan (2021) PERSPEKTIF GURU TERHADAP PENANAMAN NILAI SIKAP DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MODA DARING DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714041008-COVER.pdf Download (420kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714041008-ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714041008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 METODELOGI PENELITIAN)
1714041008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041008- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714041008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714041008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif guru terhadap penanaman nilai sikap dan pendidikan karakter dalam pembelajaran moda daring di smp negeri 6 singaraja. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analitik. Dalam penelitian ini penentuan subyek dan obyek penelitian menggunakan teknik snowball sampling , yaitu mula-mula jumlahnya kecil, kemudian membesar dalam penentuan sampel. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu Penanaman nilai sikap dan pendidikan karakter dalam penerapan pembelajaran moda daring di SMP Negeri 6 Singaraja belum berjalan cukup efektif karena nilai sikap yang ingin diinternalisasikan seperti menerima, merespon, menghargai, dan bertanggung jawab dan pendidikan karakter yang ingin diinternalisasikan religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, integritas tidak bisa hanya dilakukan melalui daring (online) karena dibutuhkan pendekatan humanis untuk menginternalisasikannya pada siswa, sedangkan jika melalui online system belum seutuhnya mampu menyentuh siswa. Internalisasi nilai-nilai sikap dan pendidikan karakter lebih sulit dilakukan dan tentu menjadi kurang efektif karena pembelajaran dilakukan secara daring, guru-guru lebih sulit melakukan internalisasi nilai-nilai sikap dan pendidikan karakter karena terkendala oleh ruang, guru-guru hanya bisa memantau dan membimbing melalui daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai sikap, pendidikan karakter, moda daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Intan Nurvenayanti |
Date Deposited: | 20 Jul 2021 14:22 |
Last Modified: | 20 Jul 2021 14:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6711 |
Actions (login required)
View Item |