Hardiyanti, Ni Komang Rima (2021) NINCAPANG KAWAGEDAN NYURAT AKSARA BALI ANTUK PIRANTI TRANSLITERASI AKSARA BALI ANDROID SISIA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712051014-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712051014-ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1712051014-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (796kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1712051014-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1712051014-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712051014-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1712051014-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712051014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712051014-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan (1) tata cara meningkatkan keterampilan siswa menulis aksara Bali menggunakan aplikasi Transliterasi Aksara Bali siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sukasada, (2) keterampilan siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sukasada setelah menggunakan aplikasi Transliterasi Aksara Bali dalam pembelajaran menulis aksara Bali, (3) pendapat siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sukasada tentang aplikasi Transliterasi Aksara Bali dalam menulis aksara Bali. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sukasada, dan objek penelitian adalah pembelajaran menggunakan aplikasi Transliterasi Aksara Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian meliputi (1) tata cara meningkatkan keterampilan siswa menggunakan aplikasi Transliterasi Aksara Bali dalam pembelajaran menulis aksara Bali sesuai rencana pembelajaran yang telah dibuat, (2) menggunakan aplikasi Transliterasi Aksara Bali dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis aksara Bali, terdapat peningkatan skor rata-rata siswa siklus I 72,3, pada siklus II 88,96, (3) pendapat siswa tentang aplikasi Transliterasi Aksara Bali berada pada kategori positif, dengan perolehan skor 48,84. Terdapat pengaruh yang baik dan signifikan ketika menggunakan aplikasi Transliterasi Aksara Bali untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis aksara Bali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Transliterasi, Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Rima Hardiyanti |
Date Deposited: | 20 Jul 2021 02:07 |
Last Modified: | 20 Jul 2021 02:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6729 |
Actions (login required)
View Item |