Dari, Ni Putu Lulus Ujian (2021) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PROSES PEMBELAJARAN MENGURANGI KELUHAN MUSKULOSKELETAL DAN KEBOSANAN BELAJAR SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA N 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041011-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (499kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (623kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041011-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran demonstrasi dalam proses pembelajaran mengurangi keluhan muskuloskeletal dan kebosanan belajar serta kontribusinya terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI di SMAN 3 Singaraja. Jenis penelitian eksperimental semu (quasi exsperimental) dengan rancangan penelitian non-equivalent randomized pre and post test kontrol group design. Variabel terikatnya adalah: (a) keluhan muskuloskeletal yang didata dengan kuesioner Nordic Body Map, (b) kebosanan belajar yang didata dengan kuesioner kebosanan, dan (c) hasil belajar Biologi siswa yang didata dengan memberikan test objektif di akhir pembelajaran. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada proses pembelajaran. Data dalam penelitian berdistribusi normal sehingga dilakukan analisis dengan uji t independent sample dan uji regresi pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (a) keluhan muskuloskeletal antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda bermakna karena diperoleh nilai p = 0,0001 (p<0,05), (b) kebosanan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda bermakna, karena diperoleh nilai p = 0,0001 (p<0,05), (c) keluhan muskuloskletal berkontribusi terhadap hasil belajar, karena diperoleh nilai p = 0,0001 (p<0,05), dan (d) kebosanan juga berkontribusi terhadap hasil belajar, karena diperoleh nilai p = 0,0001 (p<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa: (a) terdapat perbedaan yang signifikan antara keluhan muskuloskrletal pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, karena pada kelas ekperimen keluhannya lebih rendah 77,13% dibandingkan dengan kelas kontrol, (b) terdapat perbedaan yang signifikan antara kebosanan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, karena pada kelas ekperimen kebosanannya lebih rendah 58,96% dibandingkan dengan kelas kontrol, (c) keluhan muskuloskletal berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar sebesar 15,2%, dan (d) kebosanan berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar sebesar 12,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebosanan, Keluhan muskuloskeletal, Hasil belajar, Metode demonstrasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QM Human anatomy Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Lulus Ujian Dari |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 03:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6743 |
Actions (login required)
View Item |