Heri, Yunan (2021) PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL SUKU SASAK SEBAGAI SUPLEMEN MATERI AJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 4 JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929091003-COVER.pdf Download (746kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929091003-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929091003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929091003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929091003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929091003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Jerowaru dan bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat suku Sasak yang dapat dimanfaatkan sebagai suplemen materi ajar IPS. (2) mengetahui keterkaitan nilai kearifan lokal masyarakat suku Sasak dengan tujuan dan ruang lingkup materi IPS. (3) nilai-nilai sosial dan budaya yang terdapat dalam kearifan lokal masyarakat suku Sasak dikembangkan sebagai suplemen bahan ajar dalam pembelajaran IPS IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dan menggunakan teknik analisis interaktif untuk rumusan masalah pertama dan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif untuk rumusan masalah kedua kedua, serta menggunakan teknik gregory dan konversi tingkat pencapaian dengan skala 5 untuk rumusan masalah ketiga, yaitu define, design dan develop. Subjek dalam penelitian ini adalah informan inti dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) wujud dari nilai sosial yang terkandung di dalam kearifan lokal suku Sasak yaitu besiru dan wujud dari nilai budaya yang terkandung di dalam kearifan lokal suku Sasak antara lain berupa begawe, besentulak, gendang beleq dan presean; (2) keterkaitan nilai kearifan lokal terhadap materi IPS SMP, seperti kearifan lokal besiru berkaitan dengan materi bentuk-bentuk interaksi sosial; begawe berkaitan dengan materi bentuk-bentuk interaksi sosial dan pranata sosial; besentulak berkaitan dengan materi bentuk-bentuk interaksi sosial dan pranata sosial; (3) pengembangan suplemen materi ajar dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal suku Sasak (nilai sosial dan nilai budaya) di dalam dua materi (bentuk-bentuk interaksi sosial dan pranata sosial) yang dilakukan uji coba kelayakan bahan ajar oleh ahli dan praktisi dengan hasil 86,82 % katagori baik sedikit revisi, dan dilakukan uji kepraktisan bahan ajar oleh siswa di kelas VIII 1 dengan hasil 88,32 % katagori baik sedikit revisi, serta sampai pada bentuk akhir produk bahan ajar IPS tersebut jadi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Kearifan Lokal, Suplemen Materi Ajar, Pendidikan IPS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Yunan Heri |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 09:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 09:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6917 |
Actions (login required)
View Item |