Rantini, Pande Putu Vina (2021) STUDI EVALUATIF DAN TINDAK LANJUTNYA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 1 UBUD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011036-COVER.pdf Download (980kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011036-ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011036-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis efektivitas pembelajaran matematika menggunakan e-learning di SMA N 1 Ubud dari segi perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembelajaran; 2) mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan e-learning di SMA N 1 Ubud; serta 3) menentukan tindak lanjut yang dapat direkomendasikan untuk pembelajaran matematika menggunakan e-learning di SMA Negeri 1 Ubud. Penelitian ini melibatkan seluruh guru matematika dan siswa sebagai populasi, dan sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan penyebaran kuesioner, observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari data guru, perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembelajaran memiliki arah skor T positif, yang menandakan pembelajaran matematika menggunakan e-learning tergolong sangat efektif dari pandangan guru. Hasil analisis data siswa menunjukkan perencanaan dan penilaian pembelajaran memiliki arah skor T negatif serta pelaksanaan pembelajaran memiliki arah skor T positif, yang menandakan bahwa pembelajaran matematika menggunakan e-learning tergolong kurang efektif dari pandangan siswa. Perbedaan ini terjadi karena kurangnya komunikasi untuk menyesuaikan pandangan guru dan siswa terhadap langkah pembelajaran dan tindak lanjut penilaian yang seharusnya diterapkan. Kendala yang dialami selama pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan e-learning dikelompokkan menjadi lima, yaitu: waktu, keberagaman kemampuan pemahaman siswa, pemahaman atas fasilitas pada e-learning, kemandirian siswa, serta kejujuran siswa. Adapun tindak lanjut yang direkomendasikan adalah dengan pemberian kesempatan mengikuti program pengembangan keprofesionalan berkelanjutan untuk guru serta melaksanakan perawatan dan pengembangan untuk platform e-learning sekolah. Kata kunci :Evaluasi, Pembelajaran Matematika, E-learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pembelajaran Matematika, E-learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Pande Putu Vina Rantini |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 02:55 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 02:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6975 |
Actions (login required)
View Item |