The Effect of Animated Movie Clips as Teaching Media for EFL Students in Listening Skill

Rukmana, Gede Weda (2021) The Effect of Animated Movie Clips as Teaching Media for EFL Students in Listening Skill. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021157-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021157-ABSTRAK.pdf

Download (564kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021157-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021157-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1712021157-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021157-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1712021157-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021157-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (875kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021157-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan potongan film animasi sebagai media pembelajaran bagi siswa EFL dalam keterampilan mendengar. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebelas SMAN 4 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021. Teknik purposive sampling digunakan dalam memilih sampel dan undian ditugaskan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 82,05 sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol adalah 76,82. Hipotesis juga diuji dengan menggunakan t-tes dengan hasil t0 lebih tinggi dari tcv (2.571> 1.682). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Selanjutnya, kuesioner juga diberikan kepada siswa kelompok eksperimen untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan potongan film animasi sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon yang positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan potongan film animasi sebagai media pembelajaran pada siswa EFL dalam keterampilan menyimak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Film Animasi, Kemampuan Mendengar, Siswa EFL, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Gede Weda Rukmana
Date Deposited: 23 Jul 2021 04:08
Last Modified: 23 Jul 2021 04:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6992

Actions (login required)

View Item View Item