Wiratama, Dewa Ngakan Putu Dodik (2021) AN ANALYSIS OF QUESTIONING STRATEGY IMPLEMENTATION IN EFL LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC AT SMA NEGERI 1 SUKAWATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021161-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021161-ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021161- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021161 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021161 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021161 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021161 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021161 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021161 - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis pertanyaan yang digunakan oleh guru serta bagaimana penerapan strategi bertanya dalam pembelajaran EFL, dan menganalisis pendapat siswa terhadap penerapan strategi bertanya dalam pembelajaran EFL yang dilaksanakan di SMAN 1 Sukawati pada saat situasi pandemi. Seorang guru bahasa Inggris dan siswa kelas dua belas di SMAN 1 Sukawati menjadi subjek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan desain metode campuran dengan dominan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen penelitian; lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pertanyaan merupakan alat penting dalam strategi bertanya dan guru menggunakan semua jenis pertanyaan yang dikemukakan oleh Richard & Lockhart (1996) dan Padmadewi et al. (2017). Pertanyaan tersebut meliputi pertanyaan prosedural, divergen, konvergen, permintaan, retoris, mendorong, dan menyelidik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pertanyaan tingkat rendah sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran EFL. Selanjutnya, guru juga menggunakan tujuh dari dua belas tujuan pertanyaan yang diajukan oleh Turney et al. (1973) dan Padmadewi et al. (2017). Pertanyaan tersebut muncul dalam tiga sesi; prakegiatan, kegiatan utama, dan paska kegiatan. Dalam prakegiatan, guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk menghubungkan pengetahuan siswa sebelumnya dengan topik saat ini, dan interaksi terjaga dengan baik. Kemudian pada kegiatan utama, guru banyak menggunakan pertanyaan untuk mengecek dan mengukur pemahaman siswa, dan proses belajar mengajar dipindahkan ke LMS lain yaitu Google Form yang disampaikan melalui WhatsApp. Terakhir, pada pasca kegiatan guru hanya menanyakan kesulitan siswa, dan jarang meminta siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari. Selain itu, penerapan strategi tanya jawab juga mendapat respon positif dari sebagian besar siswa berdasarkan wawancara yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bertanya dalam Pembelajaran EFL, Bertanya, Jenis Pertanyaan, Pendapat Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | DEWA NGAKAN PUTU DODIK WIRATAMA |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 02:33 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 02:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7126 |
Actions (login required)
View Item |