Upadana, I Putu Adi (2021) Pengembangan Video Pembelajaran dengan Aplikasi Powtoon Pada Tema Kayanya Negeriku Kelas 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031026-COVER.pdf Download (601kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031026-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUPAN)
1711031026-BAB 5 PENUTUPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031026-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prototype pengembangan video pembelajaran dengan aplikasi powtoon pada Kayanya Negeriku kelas 4 SD. Untuk mengetahui keberterimaan media video pembelajaran dengan berbantuan aplikasi powtoon yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Namun, karena pandemi covid-19 penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap analisis, desain, dan pengembangan. Tahap implementation, dan evaluation tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah video pembelajaran dengan aplikasi powtoon pada tema kayanya negeriku subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keberterimaan video pembelajaran dengan aplikasi powtoon yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada empat ahli dan angket uji coba yang diberikan kepada siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat keberterimaan video pembelajaran dengan aplikasi powtoon adalah rating scale berupa lembar penilaian video pembelajaran dengan aplikasi powtoon dari ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus gregory tabulasi silang 2x4 untuk mengetahui keberterimaan video pembelajaran yang dikembangkan. Nilai yang diperoleh dari keempat ahli adalah 1,00 dengan kualifikasi keberterimaan produk sangat tinggi. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan pada tema kayanya negeriku subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, aplikasi powtoon, kayanya negeriku, pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Adi Upadana |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 08:32 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 08:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7151 |
Actions (login required)
View Item |