Sinta, Ni Ayu Ketut (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 dengan Games pada Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya Kelas V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031202-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031202-ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031202-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031202-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031202-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031202-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031202-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031202-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031202-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan games pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya kelas V SD yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: 1. Analyze, 2. Design, 3. Development, 4. Implementation, 5. Evaluation. Tetapi, implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Subjek pada penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan games, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media ini. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode rating scale, kuesioner, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Untuk mengukur validitas media, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen, satu orang guru sebagai ahli, dan respon peserta didik dengan uji perorangan dan uji kelompok kecil. Data validitas media yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus indeks validasi Aiken dan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas media. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan games dinyatakan valid dengan 1) indeks validitas Aiken oleh ahli materi terendah 0,67 dan tertinggi 1, 2) indeks validitas Aiken oleh ahli media terendah 0,67 dan tertinggi 1, 3) indeks validitas Aiken oleh ahli desain terendah 0,67 dan tertinggi 1, 4) respon praktisi sebesar 3,92, 5) respon perorangan 3,82 , 6) respon kelompok kecil sebesar 3,76. Berdasarkan analisis tersebut, maka media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan games pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran interaktif, Articulate Storyline 3 dengan games, subtema 3 lingkungan dan manfaatnya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ayu Ketut Sinta |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 08:35 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 08:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7230 |
Actions (login required)
View Item |