AN ANALYSIS OF THE IMPLICATION OF AUTHENTIC MATERIALS IN TEACHING ENGLISH TO SENIOR HIGH SCHOOL BY ENGLISH TEACHERS AT SMA N 2 SEMARAPURA

Putra, Gusti Bagus Semara (2021) AN ANALYSIS OF THE IMPLICATION OF AUTHENTIC MATERIALS IN TEACHING ENGLISH TO SENIOR HIGH SCHOOL BY ENGLISH TEACHERS AT SMA N 2 SEMARAPURA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (Cover)
1729081067-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
1729081067-ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
1729081067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (621kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Teori)
1729081067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1729081067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
1729081067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5 Penutup)
1729081067-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
1729081067-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB)
[img] Text (Lampiran)
1729081067-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi materi otentik yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Semarapura pada tahun ajaran 2020/2021. Tiga guru bahasa Inggris dari kelas sepuluh, sebelas, dua belas ditugaskan sebagai subjek penelitian ini. Rancangan penelitian dalam penelitian ini berbentuk studi kasus yang menggunakan pedoman wawancara, checklist observasi, dan analisis dokumen sebagai instrumen untuk memperoleh data. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi otentik diterapkan di SMA Negeri 2 Semarapura. Jenis materi otentik yang diimplementasikan terdiri dari Video Kartun, Slide, dan Brosur. Materi otentik ini diimplementasikan dalam tiga jenis strategi pengajaran, yaitu pengajaran Bahasa Komunikatif, Pembelajaran Berbasis Masalah, dan Instruksi Berbasis Isi. Selain itu, jenis penilaian yang digunakan guru sesuai dengan penerapan materi otentik adalah penilaian formatif, penilaian sumatif, dan penilaian berbasis proses. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan materi otentik dalam pengajaran bahasa Inggris bermanfaat untuk meningkatkan penguasaan bahasa target siswa khususnya dalam konteks pembelajaran online. Penelitian ini menyarankan penerapan berbagai kegiatan dengan metode yang sesuai dan materi otentik untuk mengembangkan pemahaman siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Materi pembelajaran, materi otentik, penerapan materi otentik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Gusti Bagus Semara Putra
Date Deposited: 26 Jul 2021 01:40
Last Modified: 26 Jul 2021 01:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7238

Actions (login required)

View Item View Item