Fitriani, Ni Wayan (2021) AN ANALYSIS OF TEACHER’S LESSON PLAN FOR LEARNING ENGLISH THROUGH GOOGLE CLASSROOM IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021001-COVER.pdf Download (735kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021001-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (279kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021001-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran online merupakan sesuatu yang baru guru dan siswa, sehingga tentu terdapat berbagai kendala didalamnya. Terkait hal ini, pembelajaran online dapat dilakukan secara optimal jika RPP sudah detail dan sesuai dengan situasi saat ini. Dari permasalahan yang dapat diamati di atas, penelitian ini bertujuan: 1) menjelaskan persiapan guru EFL dalam menyusun RPP, dan 2) mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesulitan guru dalam menyusun RPP bagi siswa EFL. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan mengambil tempat di SMPN 1 Susut yang terletak di Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Data persiapan guru dan kesulitan yang dihadapi guru dalam menyusun RPP diambil dengan menggunakan angket dengan menentukan lima aspek yang terkait dengan tolak ukur dari LPPL Undiksha (2007), yaitu: 1) tujuan pembelajaran, 2) materi pembelajaran, 3) kegiatan pembelajaran, 4) media dan sumber pembelajaran dan, 5) penilaian pembelajaran. Sebagai hasil dari penelitian ini, guru memenuhi semua langkah dalam menyusun RPP satu halaman, yang memenuhi langkah-langkah yang disediakan oleh instrumen. Mengenai masalah yang dihadapi dalam proses penyusunan RPP oleh guru, dapat disintesiskan bahwa ada 6 kesulitan yang ditemui guru, seperti: 1) menyatakan tujuan pembelajaran yang berisi perilaku (B), 2) menghubungkan pembelajaran tujuan kompetensi inti, 3) penyusunan materi pembelajaran berdasarkan indikator pembelajaran, 4) pemilihan media pembelajaran berdasarkan tujuan pembelajaran; 5) pemilihan media pembelajaran berdasarkan materi pembelajaran, dan 6) pemilihan jenis penilaian berdasarkan tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RPP, pembelajaran bahasa Inggris, google classroom |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Fitriani |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 08:06 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 08:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7252 |
Actions (login required)
View Item |