SURVEI STIMULASI SENSE OF COMMUNITY DALAM PEMBELAJARAN PADA SATUAN PAUD BERBASIS DARING DI KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN 2020/2021

Sukmadewi, A. A Putu Eka (2021) SURVEI STIMULASI SENSE OF COMMUNITY DALAM PEMBELAJARAN PADA SATUAN PAUD BERBASIS DARING DI KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061007-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061007-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (819kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711061007-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap stimulasi sense of community bagi anak usia dini. Kendala yang terjadi di PAUD, disebabkan karena anak usia membutuhkan belajar yang menyertakan aktivitas untuk mengalami sesuatu secara langsung. Sebagaimana diketahui, pembelajaran di PAUD menekankan pada pengalaman belajar panca indera, yakni ada interaksi langsung antara anak dengan guru serta teman-teman sekelasnya. Interaksi yang dinamis dapat meningkatkan kebermaknaan terhadap diri dan perannya sebagai bagian dari masyarakat (sense of community). Pembelajaran secara daring meniadakan kesempatan untuk beraktivitas bersama, sehingga ada kekhawatiran akan dampaknya terhadap perkembangan sense of community anak usia dini. Survei ini dilaksanakan untuk mengetahui stimulasi sense of community pada anak usia dini. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang stimulasi sense of community oleh guru-guru PAUD pada Kecamatan Denpasar Utara. Teknik sampling menggunakan Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan melalui google formulir. Data dianalisis secara kuantitatif dengan statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi sense of community yang dilakukan oleh guru PAUD menunjukkan kategori sangat positif dengan persentase 86,03%. Hasil sebaran lainnya ditinjau dari 4 aspek indikator yakni, pengetahuan guru pada kategori positif (79,59%), strategi stimulasi sense of community pada kategori sangat positif (86,52%), perencanaan dan implementasi stimulasi sense of community pada kategori sangat positif (85,51%), serta kolaborasi dan pengayaan pada kategori sangat positif (92,16%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sense of community, Stimulasi guru, Pembelajaran daring di PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: A. A Putu Eka Sukmadewi
Date Deposited: 24 Jul 2021 09:27
Last Modified: 24 Jul 2021 09:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7307

Actions (login required)

View Item View Item