Firmansyah, Andre (2021) KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGELASAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHAHN DI BIDANG PENGELASAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM TEKNIK PENGELASAN SMK ISLAM SEKARAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715071002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715071002-ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715071002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715071002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, kontribusi motivasi belajar dan hasil belajar praktik pengelasan terhadap minat berwirausaha di bidang pengelasan pada siswa kelas XI Program Teknik Pengelasan SMK Islam Sekaran Lamongan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 15 siswa yang sama jumlahnya dengan sampel yang diambil yang diambil. Penelitian ini berjenis rancangan ex-post facto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan model sekala linkert, serta dianalisis butir dan reliabilitas istrument, setelah itu masuk ke analisis data yang digunkan adalah deskripsi data, normalitas, linearitas multikolinearitas autokorelasi dan heteroskedastisitas sedangkan hipotesisnya menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil analisis menjukkan bahwa terdapat (1) Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kontribusi positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan motivasi belajar terhadap minat berwirausaha di bidang pengelasan melalui analisis korelasi product moment diperoleh harga r hitung sebesar 0,787, sedangkan harga r tabel dengan df-2 = 13 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,440. Jadi harga r hitung lebih besar dari harga r tabel dengan P (sign) = 0,000 < 0,05 sehingga kontriubusi positif dan signifikan. (2) Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi positif dan signifikan antara hasil belajar praktik pengelasan terhadap minat berwirausaha di bidang pengelasan dengan harga r hitung berdasarkan analisis korelasi product moment sebesar 0,967. Nilai ini lebih besar dari r tabel dengan df-2 = 13 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,440 dengan P (sign) = 0,000 < 0,05 Hal ini berarti hasil belajar praktik pengelasan memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha di bidang pengelasan. (3). Pengujian hipotesis ketiga ini menggunakan regresi berganda dengan uji F dengan hasil harga F hitung sebesar 89,225. Nilai ini lebih besar dari F tabel df1-1 = 2. dan df2 – 3 = 12 pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,89. Hal ini berarti terdapat kontribusi signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar praktik pengelasan secara simultan terhadap minat berwirausaha di bidang pengelasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Motivation (X1), The Learning Outcomes of welding practice (X2) and Entrepreneurial Interest in Welding (Y). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Andre Firmansyah |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 23:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 23:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7309 |
Actions (login required)
View Item |