Sari, Kompiang (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF TEMA TANAMAN SUB TEMA SAYUR DAN BUAH UNTUK ANAK KELOMPOK B TK WIDYA SANTHI DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061014-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711061014-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (459kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (525kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711061014-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pada pembelajaran tema tanaman sub tema sayur dan buah, anak usia dini tidak dapat menyerap dengan baik materi yang disampaikan guru dikarenakan kurang inovatifnya media yang digunakan, selain itu guru mengalami keterbatasan dalam mengembangkan media permainan edukatif dengan berbantuan teknologi untuk anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan rancang bangun media permainan edukatif dan mendeskripsikan kelayakan media permainan edukatif tema tanaman sub tema sayur dan buah, menurut review para ahli dan uji coba perorangan. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non tes dengan instrumen berupa angket/kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Model ADDIE dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan media ini. Hasil uji validitas media permainan edukatif dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 94,46% termasuk kualifikasi sangat baik dan dari uji coba perorangan yaitu 96,67% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan edukatif tema tanaman sub tema sayur dan buah layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi hasil penelitian ini yaitu media permainan edukatif dapat memberikan kesempatan pada anak untuk mengenal berbagai macam sayur dan buah dengan cara bermain, sehingga mampu menarik perhatian anak, membantu mengenalkan keaksaraan awal (bahasa), menstimulasi aspek kognitif anak dan meningkatkan minat belajar anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Permainan Edukatif, Tema Tanaman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Kompiang Sari |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 09:29 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 09:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7313 |
Actions (login required)
View Item |