Rahmawati, I Gusti Ayu Yulia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA E-SCRAPBOOK UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK WIDYA SANTHI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061013-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711061013-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (509kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711061013-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kurangnya media pembelajaran berupa media elektronik yang dapat menawarkan kesempatan kepada anak usia dini untuk mengkreasi pada piranti handphone dan anak masih berpatokan pada hasil karya guru dan temannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan rancang bangun media e-scrapbook dan mendeskripsikan hasil validasi media e-scrapbook untuk menstimulasi kreativitas anak usia dini, menurut review ahli, dan uji coba perorangan. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi media e-scrapbook dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 90,9% termasuk kategori sangat layak. Hasil dari uji coba perorangan memperoleh 95,23% termasuk kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini layak digunakan untuk menstimulasi kreativitas anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk atau media e-scrapbook untuk melaksanakan kegiatan mengkreasi yang dapat menstimulasi kreativitas anak usia dini dan pemanfaatan media e-scrapbook ini dapat digunakan pada setiap tema dan subtema yang sedang berlangsung dalam proses pembelajaran dengan memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk mengkreasi serta menghasilkan lebih dari satu karya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, media e-scrapbook, kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Yulia Rahmawati |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 09:30 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 09:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7314 |
Actions (login required)
View Item |