PENGEMBANGAN MEDIA E-SCRAPBOOK UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK WIDYA SANTHI

Rahmawati, I Gusti Ayu Yulia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA E-SCRAPBOOK UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK WIDYA SANTHI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061013-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061013-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (509kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711061013-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya media pembelajaran berupa media elektronik yang dapat menawarkan kesempatan kepada anak usia dini untuk mengkreasi pada piranti handphone dan anak masih berpatokan pada hasil karya guru dan temannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan rancang bangun media e-scrapbook dan mendeskripsikan hasil validasi media e-scrapbook untuk menstimulasi kreativitas anak usia dini, menurut review ahli, dan uji coba perorangan. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi media e-scrapbook dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 90,9% termasuk kategori sangat layak. Hasil dari uji coba perorangan memperoleh 95,23% termasuk kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini layak digunakan untuk menstimulasi kreativitas anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk atau media e-scrapbook untuk melaksanakan kegiatan mengkreasi yang dapat menstimulasi kreativitas anak usia dini dan pemanfaatan media e-scrapbook ini dapat digunakan pada setiap tema dan subtema yang sedang berlangsung dalam proses pembelajaran dengan memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk mengkreasi serta menghasilkan lebih dari satu karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, media e-scrapbook, kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Yulia Rahmawati
Date Deposited: 24 Jul 2021 09:30
Last Modified: 24 Jul 2021 09:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7314

Actions (login required)

View Item View Item