Putri, Ari Sintya Inneke (2021) KEMAMPUAN GURU PAUD DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN DENPASAR UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061010-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711061010-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (541kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711061010-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di PAUD yang berada di wilayah Kecamatan Denpasar Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei deskriptif dengan subjek yang diteliti adalah guru PAUD di Kecamatan Denpasar Utara yang tersebar dalam 11 desa/kelurahan dengan populasi sebanyak 322 orang guru. Teknik Sampling pada penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode non-tes dengan instrumen penelitian berupa angket/kuesioner yang dikemas dalam bentuk Google Formulir. Hasil dalam penelitian pada aspek kendala dalam pembelajaran daring masuk ke dalam kategori Sangat Tinggi dengan persentase paling besar 95.53% dan frekuensi absolut sebanyak 171 dari 179 responden. Kendala yang paling banyak ditemui oleh guru- guru PAUD di Kecamatan Denpasar Utara adalah kendala dalam menyusun rencana pembelajaran daring. Sedangkan pada aspek solusi pembelajaran daring masuk ke dalam kategori Sangat Tinggi dengan persentase sebesar 97.20% dan frekuensi absolut sebanyak 174 dari 179 responden. Solusi yang paling banyak digunakan adalah solusi mengadakan kuota gratis untuk mengatasi kendala dalam keterbatasan biaya untuk membeli kuota internet dan solusi mengajak orang tua untuk saling terbuka tentang perkembangan anak sehingga komunikasi berjalan dua arah untuk mengatasi kendala tentang orang tua yang tidak memberikan informasi yang sebenarnya terjadi tentang kegiatan dan keadaan anak selama belajar di rumah. Sehingga, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dilihat dari pemberian solusi dalam mengatasi kendala pembelajaran daring masuk ke dalam kategori Sangat Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Kendala, Solusi, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ari Sintya Inneke Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 09:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 09:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7322 |
Actions (login required)
View Item |