Natalia, Ni Made Kristin (2021) THE INVESTIGATION OF STUDENTS’ PERCEPTION OF SUSTAINED SILENT READING (SSR) ON READING COMPREHENSION AT SMPN 1 ABANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021076-COVER.pdf Download (744kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021076-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021076-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021076-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021076-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Membantu siswa untuk memiliki pemahaman bacaan yang baik merupakan tujuan penting yang ingin dicapai selama pembelajaran. Dalam hal ini, Sustained Silent Reading (SSR) hadir sebagai strategi yang paling banyak digunakan untuk mempromosikan literasi siswa dan membangun pemahaman bacaan mereka berdasarkan pengamatan awal di SMP di Kabupaten Karangasem. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) persepsi siswa tentang penggunaan SSR untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 1 Abang, dan (2) keuntungan yang ditemukan siswa di SMPN 1 Abang dari penggunaan SSR. Penelitian ini menggunakan metode campuran sebagai desain penelitian. Mengingat tujuan penelitian ini dan proses pengumpulan dan analisis data, penelitian ini paling tepat menggunakan model eksplanatori. Lokasi penelitian ini adalah SMPN 1 Abang yang terletak di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan kuesioner melalui survei dan panduan wawancara menggunakan rekaman audio. Sebagai hasil penelitian, ditemukan bahwa nilai rata-rata berada pada kategori sangat tinggi. Karena rata-rata skor 4,50 dan berada pada interval 4,00<M<5,00. Dengan kata lain, siswa menunjukkan kategorisasi yang sangat tinggi dan kualifikasi persepsi siswa yang sangat positif tentang penggunaan SSR untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 1 Abang. Dari hasil pedoman wawancara, ditemukan beberapa keuntungan umum yang ditemui, seperti metode SSR dapat membuat responden lebih berkonsentrasi dalam membaca, memahami inti teks, memahami teks saat membaca, dan mendapatkan kata kunci dari teks lebih cepat. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa SSR merupakan strategi yang cocok untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa, karena siswa menunjukkan persepsi yang sangat positif terkait penggunaan SSR untuk pemahaman bacaan mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa, SSR, pemahaman bacaan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Made Kristin Natalia |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 03:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 03:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7355 |
Actions (login required)
View Item |