DEVELOPING POWTOON AS ENGLISH TEACHING AND LEARNING MEDIA TO SUPPORT THE FOURTH GRADE STUDENTS IN AUTONOMOUS LEARNING IN SINGARAJA

Tarigan, Effinaftalia Thisa Gracia (2021) DEVELOPING POWTOON AS ENGLISH TEACHING AND LEARNING MEDIA TO SUPPORT THE FOURTH GRADE STUDENTS IN AUTONOMOUS LEARNING IN SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021141-COVER.pdf

Download (640kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021141-ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021141-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021141-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021141-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021141-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021141-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021141-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021141-LAMPIRAN.pdf

Download (846kB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan video pembelajaran Bahasa Inggris dalam bentuk video pembelajaran mandiri menggunakan media PowToon berbasis animasi video untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan D&D (Design and Development) sebagai metode penelitian dan menggunakan ADDE sebagai model penelitian. Objek penelitian ini ialah siswa kelas IV SD Lab UNDIKSHA. Video pembelajaran mandiri ini dikembangkan berdasarkan cetak biru yang diadaptasi dari silabus Bahasa Inggris kelas IV SD. Konten video dirancang untuk mendukung kebutuhan belajar. Konten video dinilai oleh tiga para ahli dibidang pendidikan. Data penelian diperoleh dari wawancara, studi dokumen, dan kuisioner. Hasil analisis dari penilitian ini menunjukan bahwa siswa lebih tertarik untuk belajar Bahasa Inggris menggunakan video PowToon berbasis animasi selama sekolah dari rumah. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa video PowToon berbasis animasi ini dikategorikan sebagai media pembelajaran dengan kriteria sangat baik. PowToon video berbasis animasi ini diharapkan menjadi media pembelajaran Bahasa Inggris yang bermanfaat dan memfasilitasi baik guru maupun siswa dalam pelaksanaan pembelajaran mandiri selama sekolah dari rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PowToon, pembelajaran mandiri, pelajar usia dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Effinaftalia Thisa Gracia Tarigan
Date Deposited: 25 Jul 2021 03:44
Last Modified: 25 Jul 2021 03:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7372

Actions (login required)

View Item View Item