PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SARANA DAN SUMBER BACAAN DALAM KEGIATAN LITERASI BAGI GURU DAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ehgo, Fransiska Arina (2021) PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SARANA DAN SUMBER BACAAN DALAM KEGIATAN LITERASI BAGI GURU DAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011064-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011064-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712011064-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1712011064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011064-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan sarana pendukung dan kurangnya sumber bacaan dalam pelaksanaan kegiatan literasi bagi guru dan siswa pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan mengembangkan blog sebagai sarana dan sumber bacaan dalam kegiatan literasi bagi guru dan siswa pada masa pandemi covid-19 dan mengetahui respon guru dan siswa setelah menggunakan blog sebagai sarana dan sumber bacaan dalam kegiatan literasi bagi guru dan siswa pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development yang diadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 6 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan media blog yang dikembangkan sebagai sarana dan sumber bacaan dalam kegiatan literasi bagi guru dan siswa pada masa pandemi covid-19 dinyatakan sesuai dan layak berdasarkan hasil penilaian angket ahli isi dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 92,5. Skor tersebut termasuk ke dalam interval 76 < SR ≤ 100 dengan kategori (SS) Sangat Sesuai dan dari ahli media rata-rata yang diperoleh dari ahli media yaitu 77,5. Skor tersebut termasuk ke dalam interval 76 < SR ≤ 100 yaitu (SS) Sangat Sesuai. Selain itu, uji coba terbatas yang dilakukan oleh guru rata-rata yang diperoleh yaitu 97,7. Skor tersebut termasuk ke dalam interval 76 < SR ≤ 100 yaitu (SS) Sangat Sesuai. Serta respon siswa total skor 75,5 % termasuk ke dalam interval 61 – 80 % dengan kategori kelayakan “Layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, blog, literasi, pandemi covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Fransiska Arina Ehgo
Date Deposited: 25 Jul 2021 04:30
Last Modified: 25 Jul 2021 04:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7398

Actions (login required)

View Item View Item