Diyanti, Kadek Risma (2021) PEMBINAAN MAJALAH SEKOLAH GEMPITA ESABA DAN RELEVANSI TERHADAP BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011034-COVER.pdf Download (202kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011034-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011034-LAMPIRAN.pdf Download (180kB) |
Abstract
PEMBINAAN MAJALAH SEKOLAH GEMPITA ESABA DAN RELEVANSI TERHADAP BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 BANGLI Oleh Kadek Risma Diyanti 1712011034 Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan pembinaan majalah sekolah Gempita Esaba dan relevansi terhadap bahan ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangli. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembina, siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah pembinaan majalah sekolah Gempita Esaba dan penggunaannya sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan majalah sekolah Gempita Esaba di SMP Negeri 1 Bangli terdapat dua kegiatan, yaitu kegiatan pembinaan anggota baru tim redaksi dengan menggunakan jenis pembinaan meliputi pembinaan orientasi, pembinaan kepribadian, dan pembinaan kecakapan dan kegiatan pembinaan tim reporter dengan menggunakan jenis pembinaan meliputi pembinaan orientasi, pembinaan kepribadian, pembinaan kecakapan dan pembinaan lapangan. Relevansi majalah sekolah dengan bahan ajar dapat dilihat dari naskah teks pada majalah sekolah ditulis oleh siswa dan guru yang mengakibatkan KD di kurikulum selalu muncul sehingga penggunaan majalah sekolah Gempita Esaba sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia yang dilakukan guru meliputi tiga kegiatan yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini direkomendasikan bagi sekolah-sekolah lain agar dijadikan referensi dalam melakukan kegiatan pembinaan majalah sekolah dan penggunaan majalah sebagai bahan ajar. Kata Kunci: bahan ajar, pembinaan, majalah sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, pembinaan, majalah sekolah |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kadek Risma Diyanti |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 04:48 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 04:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7402 |
Actions (login required)
View Item |