KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP

Widiasih, Luh Surya (2021) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071039-COVER.pdf

Download (403kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071039-ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071039-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan kemampuan pemahaman konsep IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi sekaligus untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan desain pre-test post-test non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap 1 Tejakula yang terbagi dalam 6 kelas dengan jumlah siswa 191 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 69 siswa. Data kemampuan pemahaman konsep IPA siswa dikumpulkan dengan tes kemampuan pemahaman konsep IPA. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi (sig. = 0,000 < 0,05). Kemampuan pemahaman konsep IPA siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing (M = 75,88; SD = 2,904) lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar dengan model inkuiri bebas termodifikasi (M = 70,95; SD = 2,896). Kesimpulan dari penelitian ini model inkuiri terbimbing lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, inkuiri bebas termodifikasi, kemampuan pemahaman konsep IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: LUH SURYA WIDIASIH
Date Deposited: 26 Jul 2021 15:51
Last Modified: 26 Jul 2021 15:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7416

Actions (login required)

View Item View Item