KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA, DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA GURU CANGGU COMMUNITY SCHOOL BALI

Suyanti, Sri (2021) KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA, DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA GURU CANGGU COMMUNITY SCHOOL BALI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929031010-COVER.pdf

Download (272kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929031010-ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929031010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929031010-LAMPIRAN.pdf

Download (379kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan menganalisis besaran kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah, kepuasan kerja guru, dan komitmen kerja guru baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap kinerja guru Canggu Community School Bali. Penelitian dengan rancangan ex-post facto ini melibatkan 40 orang guru WNI di Canggu Community School Bali. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner tertutup yang berisi rangkaian pernyataan berisi lima kemungkinan jawaban. Sedangkan teknik statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian. Kontribusi yang signifikan antar variabel baik secara terpisah maupun secara bersamaan ditemukan dari hasil analisis yang dilakukan, yaitu meliputi: (1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru Canggu Community School Bali dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,520, koefisien korelasi parsial sebesar 0,378, dan kontribusi sebesar 19,34%, (2) iklim kerja sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru Canggu Community School Bali dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,418, koefisien korelasi parsial sebesar 0,231 dan kontribusi sebesar 8,11%, (3) kepuasan kerja guru berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru Canggu Community School Bali dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,336, koefisien korelasi parsial sebesar 0,315 dan kontribusi sebesar 9,27%, (4) komitmen kerja guru berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru Canggu Community School Bali dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,504, koefisien korelasi parsial sebesar 0,198 dan kontribusi sebesar 9,37%, (5) kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah, kepuasan kerja guru, dan komitmen kerja guru secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru Canggu Community School Bali dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,679 dan kontribusi sebesar 46,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah, kepuasan kerja guru, dan komitmen kerja guru berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru Canggu Community School Bali. Dengan demikian, kinerja guru Canggu Community School Bali dipengaruhi oleh keempat variabel di atas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, iklim, kepuasan, komitmen, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: SRI SUYANTI
Date Deposited: 25 Jul 2021 23:53
Last Modified: 25 Jul 2021 23:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item