An Analysis of Lecturers’ Perceptions in English Language Education on the Use of Undiksha Moodle E-Learning Platform in English Learning Process

Juliana, I Putu (2021) An Analysis of Lecturers’ Perceptions in English Language Education on the Use of Undiksha Moodle E-Learning Platform in English Learning Process. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021178-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021178-ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1712021178-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1712021178-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1712021178-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021178-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1712021178-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021178-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021178-LAMPIRAN.pdf

Download (283kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki persepsi dari para dosen serta mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh para dosen mengenai penggunaan platform e-learning Undiksha Moodle dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Peneliti menggunakan mix method namun lebih dominan menggunakan kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah para dosen dari jurusan pendidikan bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha. Ada delapan dosen pendidikan bahasa Inggris yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Kuesioner dan panduan semi-terstruktur wawancara digunakan oleh peneliti sebagai instrument dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dosen sangat kuat dari dimensi efktivitas dan dukungan institusi, persepsi kuat didapatkan dari dimensi keguanaan dan kekuatan, sedangkan dari dimensi kelemahan mendapatkan persepsi yang sedang. Kelima dimensi ini di buat oleh peneliti yang melakukan penelitian serupa. Serta, temuan ini juga menunjukan ada beberapa masalah yang ditemui oleh para dosen dalam mengoperasikan e-learning Undiksha Moodle yaitu tidak adanya fitur tertentu seperti auto-refresh, video conference, perekaman pesan suara, editing secara sinkron. Selain masalah yang didapat dari fitur-fitur yang tidak ada, permasalahan juga datang dari para siswa yaitu sikap buruk dalam tindakan plagiarisme dan partisipasi pasif mahasiswa saat pembelajaran menggunakan e-learning Undiskah Moodle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, E-Learning, Pembelajaran Bahasa Inggris, Dosen
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Putu Juliana
Date Deposited: 25 Jul 2021 05:33
Last Modified: 25 Jul 2021 05:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item